Transfer Uang dari Luar Negeri Aman dengan 5 Agen Terbaik Ini

Kini semakin banyak warga negara Indonesia yang menetap di luar negeri. Baik untuk belajar maupun bekerja. Jumlah yang semakin hari semakin bertambah ini membuat aktivitas transfer uang dari luar negeri juga meningkat. Proses transfer uang dari luar negeri ini biasanya dilakukan oleh para TKI. Mereka mengirim hasil kerja kerasnya untuk sanak keluarga yang ada di Indonesia. Dan di tengah kesibukan bekerja, sebagai TKI Anda pastinya memilih agen yang terbaik dan dapat dipercaya sehingga segala prosesnya terjamin aman. Untuk tuntutan tersebut artikel ini akan memberikan rekomendasi agen terbaik agar proses transfer uang dari luar negeri berjalan dengan lancar. 

Baca Juga: Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

  1. Qelola

Agen pengiriman uang pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah Qelola. Qelola sendiri berfokus pada pelayanan pengiriman uang untuk memudahkan TKI yang berada di Malaysia untuk mengirimkan dan mengurus berbagai kebutuhan keluarga yang ada di Indonesia. Itulah mengapa dengan Qelola, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS, dan lain sebagainya. Selain layanannya yang cukup banyak, Qelola juga melayani pengiriman dengan biaya yang murah serta proses yang cepat. Cukup dengan RM1, Anda sudah bisa mengirim uang dari luar negeri khususnya Malaysia. 

Cara Mengirim Uang

Pengiriman uang melalui Qelola dilakukan dengan aplikasi, sehingga tidak perlu repot ke kantor agen terdekat untuk transaksi. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Qelola.
  2. Lakukan pendaftaran akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, alamat e-mailpassword, dan konfirmasi password dengan benar.
  3. Pihak Qelola akan mengirimkan kode ke nomor ponsel Anda untuk melakukan verifikasi.
  4. Untuk mengirim uang, pilih menu ‘transfer’, kemudian isi data penerima serta nominal yang akan dikirimkan, lalu konfirmasi.

2. Western Union

E:\Desra\Qelola\Qelola April\Foto\EP 10 1.jpg

Nama ini mungkin sudah akrab di telinga Anda. Agen pengiriman uang luar negeri yang telah ada di 200 negara termasuk Indonesia. Bekerja sama dengan Kantor Pos, Pegadaian, Bank, JNE bahkan Indomaret, Western Union siap melayani kebutuhan transfer uang Anda. Dengan sistem berbasis digital yang canggih dan aman Western Union memberikan layanan pengiriman uang cepat dan juga nyaman. Selain itu, Anda pun tidak perlu mempunyai rekening tertentu untuk dapat menggunakan layanannya. Western Union juga dipilih karena tarifnya yang cukup murah dan tidak ada batas nominal pengiriman. Adapun persyaratan mengirim uang luar negeri melalui Western Union sebagai berikut: 

Cara Mengirim Uang

Untuk mengirim uang, pihak pengirim harus melakukan hal berikut:

  1. Mengisi formulir pengiriman uang yang didapatkan di tempat-tempat pelayanan Western Union.
  2. Memberikan bukti identitas yang berlaku seperti KTP, SIM atau paspor untuk menyocokkan identitas.
  3. Menyerahkan uang yang akan ditransfer sesuai dengan jumlah yang telah disepakati serta membayar biaya administrasi pengiriman.
  4. Memberitahukan informasi mengenai nama pengirim, jumah uang yang ditransfer, kode daerah, serta nomor referalnya untuk pengambilan uang kepada penerima.

Untuk menerima uang, pihak penerima harus melakukan hal berikut:

  1. Melengkapi formulir penerimaan uang.
  2. Menunjukkan bukti identitas seperti KTP, SIM atau paspor untuk menyocokkan data.
  3. Memberitahukan informasi nama pengirim, jumlah uang, kode daerah, serta nomor referal kepada petugas.

3. PayPal

Bagi Anda yang sering belanja khususnya dari luar negeri, pasti tahu apa itu PayPal. Selain sering digunakan untuk membayar barang dan jasa secara online, PayPal juga bisa digunakan untuk mengirim uang dari luar negeri. Sama halnya dengan Qelola, PayPal juga memanfaatkan teknologi yakni menggunakan aplikasi untuk berbagai transaksinya. Transfer uang dengan PayPal membutuhkan rekening baik bagi pengirim maupun penerima karena penarikan uang nantinya dilakukan melalui bank atau ATM. Anda bisa mengirim serta menerima uang menggunakan mata uang apa saja. 

Cara Mengirim Uang

Karena menggunakan aplikasi, maka Anda butuh untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum mengirim. Dan langkah-langkah adalah sebagai berikut. 

  1. Men-download aplikasi PayPal.
  2. Mengisi data yang dibutuhkan untuk profil PayPal Anda.
  3. Mengisi informasi rekening seperti nomor rekening dan nomor kartu debit atau kredit.
  4. Bagi yang membuat akun usaha, dibutuhkan informasi singkat mengenai usaha yang dijalankan.

Setelah itu aplikasi PayPal Anda siap digunakan. PayPal akan memberikan pemberitahuan mengenai uang yang terkirim dan diterima melalui e-mail

4. MoneyGram

E:\Desra\Qelola\Qelola April\Foto\EP 10 4.jpg

MoneyGram juga salah satu agen pengiriman uang luar negeri yang memberikan layanan di banyak negara. Sampai saat ini ada 350 ribu agen MoneyGram yang tersebar di seluruh dunia. Anda bisa mengirim uang melalui agen atau bank yang bekerja sama dengan MoneyGram. Penerima pun mempunyai pilihan yang cukup banyak yakni bisa menarik uang melalui bank atau ATM, ditarik tunai di agen terdekat serta melalui e-wallet. Selain itu, MoneyGram juga menyediakan fitur pelacakan apakah uang Anda berhasil dikirim atau tidak. 

Cara Mengirim Uang

Untuk mengirim uang, pihak pengirim harus melakukan langkah berikut:

  1. Bukti identitas berupa KTP, SIM atau paspor.
  2. Nama lengkap penerima sesuai dengan kartu identitas. 
  3. Apabila mengirim ke rekening, isi nomor rekening dan nama pemilik serta cabang dari bank penerima.
  4. Apabila mengirim ke e-wallet, isi nomor ponsel serta kode telepon internasional penerima.
  5. Isi formulir pengiriman uang dengan lengkap.
  6. Serahkan uang yang akan dikirim beserta biaya administrasinya.
  7. Simpan bukti pengiriman uang dan beritahu 8 digit nomor referensi kepada penerima.

Untuk menerima uang, pihak penerima harus melengkapi syarat berikut:

  1. Isi formulir penerimaan uang.
  2.  Masukkan 8 digit nomor referensi yang diberikan oleh pengirim. 
  3. Sertakan bukti identitas saat menyerahkan formulir untuk pengecekan identitas.
  4. Untuk penerimaan melalui bank atau e-wallet, uang yang dikirimkan bisa langsung dicek pada akun Anda.

5. Top Remit

E:\Desra\Qelola\Qelola April\Foto\EP 10 3.jpg

Agen pengiriman uang luar negeri lain yang bisa Anda pilih adalah Top Remit. Top Remit menyediakan pengiriman melalui aplikasi. Sementara penerimaan dapat dilakukan melalui empat cara yaitu bank deposit, pengambilan tunai di loket, pengisian pulsa dan e-wallet. 

Cara Mengirim Uang

Cara paling mudah yang bisa dilakukan menggunakan Top Remit adalah dengan aplikasinya. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Download aplikasi Top Remit.
  2. Lakuan pendaftaran akun dengan mengisi formulir yang tersedia.
  3. Ambil foto Anda dan kartu identitas untuk verifikasi.
  4. Untuk mengirim uang, pilih negara tujuan dan tujuan pengiriman apakah deposit, tunai, pengisian pulsa atau e-wallet. 
  5. Tentukan jumlah yang akan dikirim.
  6. Isi data penerima dan kirimkan.

Itu tadi beberapa agen ternama yang dapat membantu Anda mengirim uang secara aman dari luar negeri. Di antara keempat agen tersebut, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai untuk Anda. Sebaiknya pertimbangkan kemudahan proses transaksi serta biaya yang terjangkau untuk kenyamanan Anda.