visa

Persiapkan 6 Syarat Membuat Visa Ini Sebelum Terbang ke Luar Negeri

Visa adalah surat izin yang diberikan kepada seseorang untuk bisa masuk ke suatu negara. Tiap-tiap negara juga punya regulasi yang berbeda-beda dalam tata cara pembuatannya. Bahkan ditemui beberapa negara yang punya proses ketat dan administrasi yang berbelit-belit untuk bisa mendapat izin masuk ke negara tersebut. Agar pengajuan visa Anda dapat berjalan dengan lancar, pahami betul apa saja syarat membuat visa. Ketahui informasinya lewat artikel berikut ini.

Paspor

Syarat membuat visa yang paling utama adalah kepemilikan paspor. Paspor sendiri adalah dokumen yang berisi identitas seseorang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Sama halnya dengan visa, syarat pembuatan paspor pun juga cukup banyak dan menguras waktu. Pastikan paspor milik Anda masih aktif dan berlaku atau pengajuan visa Anda akan berakhir sia-sia. 

Jika Anda ingin membuat visa, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pembuatan visa bisa diajukan 3 bulan sebelum Anda berangkat. Namun hal ini tidak berlaku pada visa on arrival, karena pengajuannya bisa langsung Anda lakukan saat tiba di negara tujuan.

Formulir Online

Saat ingin mendaftar pengajuan visa, Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Formulir ini bisa Anda dapatkan kemudian diisi secara online. Langkah-langkah pengajuan visa secara online bisa Anda baca disini. Formulir pengajuan visa ini juga jadi syarat membuat visa yang sifatnya wajib. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan jujur. Jika diketahui ada data yang Anda palsukan, besar kemungkinan pengajuan visa Anda akan ditolak. 

Pas Foto

Photographer taking self-portrait. woman using camera to taking photo. dark tone, front view. selective focus on lense. straight into a camera

Syarat membuat visa berikutnya ada pas foto. Foto yang dikumpulkan sebagai berkas pengajuan visa harus jelas dan tidak boleh miring. Selain itu pandangan mata harus fokus lurus kedepan. Pastikan rambut Anda tertata dengan rapi atau diikat sehingga tidak menutupi wajah serta daun telinga. Bagi yang berjilbab tidak dipermasalahkan asalkan raut wajah terlihat dengan jelas.

Saat melakukan sesi foto untuk pengajuan visa hindari untuk tersenyum dan menampakkan gigi. Karena pembuatan visa ini sifatnya resmi dan prosesnya ketat maka serahkan sesi foto ini pada ahlinya atau yang sudah profesional. Untuk kedutaan besar negara tertentu, ada juga yang sudah menyediakan tukang foto khusus tersendiri agar hasil foto yang diperlukan sesuai dengan syarat. Jika kedutaan besar negara tujuan Anda menyediakannya, maka jangan sia-siakan ya karena peluang pas foto Anda lolos diterima akan semakin besar.

Bukti Pembayaran Visa

Bukti pembayaran visa adalah salah satu syarat membuat visa. Besarnya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan visa nominalnya berbeda-beda antara negara satu dengan yang lainnya. Selain itu biaya bikin visa ini juga dipengaruhi oleh jenis visa apa yang Anda ajukan. Anda bisa melakukan pembayaran visa ini ke kantor-kantor bank yang bekerjasama atau yang ditunjuk pihak kedutaan besar negara tujuan. 

Setelah melakukan pembayaran, simpan baik-baik bukti pembayaran tersebut. Jika Anda tidak ingin keluar budget yang berlebih atau malas untuk mengurus administrasi visa tersebut, pilih saja negara yang bebas visa untuk dikunjungi.

Baca Juga : Inilah 3 Perbedaan Visa dan Paspor yang Paling Mendasar

Rekening Keuangan Pribadi

Hands holding saving account passbook, book bank on a bank office background

Saat ingin mengajukan pembuatan visa Anda juga akan diminta melampirkan riwayat keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir. Kenapa hal ini diperlukan? Negara tujuan ingin memastikan bahwa selama berada di negaranya, Anda bisa menjamin kebutuhan hidup sehari-hari dan punya dana darurat yang sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan. Umumnya data keuangan yang diminta ini berupa slip gaji atau salinan buku rekening tabungan yang Anda miliki.

Jika Anda menyertakan fotokopi buku tabungan jangan coba-coba untuk mengakalinya ya, karena takut visa Anda tidak disetujui. Jangan sampai Anda menyiasatinya dengan meminjam uang dari keluarga atau sahabat dalam jumlah tertentu yang telah ditentukan secara tiba-tiba. Alih-alih lolos dalam pengajuan visa, bisa-bisa yang terjadi malah sebaliknya. Bagi Anda yang pergi atas undangan keluarga atau perusahaan bisa melampirkan bukti keuangan yang mengundang Anda.

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja juga jadi syarat membuat visa bagi Anda yang datang ke suatu negara karena alasan pekerjaan. Surat ini biasanya akan dikeluarkan oleh pihak perusahaan Anda agar proses pembuatan visa jadi lebih mudah. Begitupun bagi Anda yang masih menyandang status sebagai pelajar atau mahasiswa, jangan lupa untuk melampirkan surat keterangan yang menjelaskan Anda masih sekolah atau kuliah.

Syarat membuat visa di atas harus dipersiapkan dengan lengkap dan benar jika ingin pengajuan visa Anda lolos. Untuk Anda yang berniat pergi ke negara Malaysia, pastikan juga untuk mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam melakukan berbagai transaksi keuangan seperti transfer uang ke Indonesia. Selain itu aplikasi Qelola juga bisa dipakai untuk membayar berbagai tagihan seperti air, listrik, dan juga BPJS Kesehatan. Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola melalui website resminya disini.