peran BNP2TKI

Simak Peran dan Pelayanan BNP2TKI Bagi TKI

Salah satu hal mendasar ketika Anda akan menjadi TKI adalah memastikan bahwa majikan dan/atau perusahaan calon tempat Anda bekerja adalah resmi. Pemerintah Indonesia pun mendukung hal ini dengan memberikan akses mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut legal secara hukum. Baik perusahaan tempat Anda akan ditempatkan maupun perusahaan yang akan menjadi penyalur Anda ke sana. Akses tersebut adalah dengan membuka website resmi badan penempatan dan perlindungan TKI di Indonesia, yaitu BNP2TKI. Anda pernah mendengar sebelumnya? Tahukah Anda betapa besar peran BNP2TKI kepada para calon TKI dan TKI?

BNP2TKI adalah singkatan dari Badan Nasional Penempatan & Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Lembaga ini tentu sering Anda dengar ketika Anda berencana menjadi TKI. Bahkan nantinya Anda juga akan sering mengunjungi kantornya jika Anda akan mengurus berbagai dokumen persyaratan keberangkatan Anda ke negara tujuan. Namun jika dilihat lagi apakah Anda mengetahui betul apa saja peran BNP2TKI dalam penempatan Anda sebagai TKI? Apa pelayanan yang mereka sediakan untuk para calon TKI dan TKI? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Visi dan Misi BNP2TKI

Untuk melihat peran dari sebuah lembaga, Anda perlu mencermati visi misi yang mereka miliki terlebih dahulu. Karena visi misi inilah yang menjadi garis besar dari semua peran yang dilakukan BNP2TKI.

a.  Visi BNP2TKI adalah terwujudnya Tenaga Kerja Indonesia yang profesional, bermartabat, dan sejahtera.

b.  Misi BNP2TKI adalah 1) Meningkatkan pemanfaatan peluang kerja luar negeri; 2) Meningkatkan pelayanan penempatan TKI yang mudah, murah, cepat, dan aman; 3) Meningkatkan perlindungan dan pemberdayaan TKI; 4) Melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

2.  Peran BNP2TKI Melalui Pelayanan Bagi TKI

a.  Membuat Produk BNP2TKI Bagi Calon TKI dan TKI

Sumber : anazkia.id

BNP2TKI melaksanakan peranannya dalam melindungi TKI dan calon TKI dengan membuat produk bernama Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). Kartu ini menjadi salah satu syarat agar calon TKI dapat bekerja di luar negeri. KTKLN sendiri memuat data diri TKI dan sidik jari pemilik kartu. Pembuatannya pun tidak membutuhkan biaya seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 7 Tahun 2015 tentang KTKLN dan E-KTKLN. E-KTKLN sendiri hampir sama isinya dengan KTKLN, hanya saja tidak ada bentuk fisik kartunya. Semua data TKI disimpan dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri.

Baik KTKLN dan E-KTKLN, Anda harus memiliki salah satu dari keduanya meskipun status Anda masih calon TKI. Dengan memilikinya, Anda akan tetap dinyatakan sebagai Warga Negara Indonesia meskipun bekerja di luar negeri. Melalui tanda pengenal inilah, BNP2TKI melindungi dan membantu Anda sebagai calon TKI dan TKI. BNP2TKI akan hadir menyelesaikan permasalahan kerja di luar negeri.

b.  Melayani Calon TKI dan TKI Melalui Unit BNP2TKI

Sumber : bp3tkipontianak.wordpress.com

Seperti yang telah dirangkum dalam misi di atas, BNP2TKI berperan untuk memberikan pelayanan kepada para TKI melalui berbagai unit di dalamnya. Unit-unti inilah yang akan membantu penempatan dan perlindungan calon TKI dan TKI.

1)  Balai Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), yaitu unit pelaksana teknis yang berada di daerah. Unit ini juga bekerja sama dengan LP3TKI dan membawahi beberapa P4TKI di daerah tersebut. Sementara itu, pelayanan yang diberikan BP3TKI adalah sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendaftaran dan seleksi calon TKI program pemerintah ke pemerintah (G to G seperti Indonesia dengan Korea).
  • Memberikan pembekalan akhir penempatan bagi TKI.
  • Menyediakan informasi penempatan dan perlindungan TKI.
  • Mendata calon TKI atau TKI melalui SISKOTKLN.
  • Mendata dan menganalisis penempatan calon TKI atau TKI di luar negeri.
  • Membina, memantau, dan mengevaluasi kinerja lembaga penempatan TKI (PPTKIS atau biasa dikenal dengan perusahaan penyalur TKI).
  • Mengawasi penyediaan dan pelaksanaan sertifikasi calon TKI.
  • Mendata, menganalisis, dan melaporkan perlindungan calon TKI atau TKI dan memfasilitasi penyelesaian masalahnya.

2)  Unit Pusat Krisis (Crisis Centre), yaitu unit yang akan menerima pengaduan yang dilakukan oleh calon TKI dan TKI. Pengaduan yang diterima oleh Pusat Krisis dari calon TKI dan TKI dapat melalui berbagai media. Mulai dari SMS, faximile, surel, surat hingga telepon melalui nomor hotline. Unit ini akan menerima pengaduan, memberikan informasi terkait masalah yang sedang dihadapi lalu memberikan saran penyelesaian bagi calon TKI dan TKI. Anda dapat mendatangi langsung kantor BNP2TKI untuk menyerahkan bukti-bukti masalah sekaligus untuk mengklarifikasi masalah tersebut.

Demikian itu adalah pelayanan dan peran yang dilakukan badan penempatan perlindungan TKI (BNP2TKI) dalam membantu terlaksananya Tenaga Kerja Indonesia. BNP2TKI selalu berusaha untuk hadir dalam setiap proses pemberangkatan hingga purna kerja para TKI agar mereka terjamin keselamatannya selama bekerja di negara tujuan. Maka dari itu, usahakan setiap langkah Anda menjadi TKI terekam oleh BNP2TKI dan bukan secara ilegal. Sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa BNP2TKI juga melayani pembayaran iuran BPJS TK.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat aplikasi pembayaran iuran BPJS TK yang jauh lebih mudah? Aplikasi yang memungkinkan Anda membayar iuran BPJS TK tanpa harus datang ke kantor BPN2TKI ini adalah Qelola. Dengan berbagai fitur yang canggih dan mudah digunakan, Qelola bahkan memungkinkan Anda membayar BPJS langsung dari negara tempat Anda bekerja. Yuk download Qelola untuk merasakan langsung manfaatnya.