Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Bayar BPJS Online

Teknologi semakin maju, zaman semakin canggih, begitu juga dengan cara kita menyikapinya. Termasuk ketika membayar tagihan. Untuk mencegah pembayaran yang tidak tepat waktu, ada baiknya Anda mulai menerapkan pembayaran secara online, termasuk bayar BPJS online. Sistem bayar BPJS online ini akan benar-benar memudahkan pembayaran Anda sehingga tidak ada alasan untuk menundanya. Bagi Anda yang belum terlalu mengerti mengenai sistem bayar BPJS online. Berikut Qelola memberikan penjelasan lengkapnya. 

Baca Juga: Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Mengapa Harus Bayar BPJS Online?

Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Begitu juga dengan sistem bayar BPJS yang sekarang serba online. Apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya. 

  1. Lebih Praktis

Bayar BPJS online lebih praktis karena pengisian formulir untuk pendaftaran akun hanya dilakukan sekali saja. Selebihnya Anda tinggal meng-klik ketika melakukan pembayaran. 

Lebih praktis lagi karena bisa mengajukan permohonan autodebit pada rekening bank Anda. Fasilitas autodebit membuat pembayaran langsung ditarik dari rekening setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jadi Anda tidak perlu melakukan apa-apa namun iuran BPJS Anda telah terbayarkan. Ini akan mencegah Anda dari kemungkinan lupa membayar tepat waktu. 

  1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Loket pembayaran BPJS atau ATM tidak berada dimana saja. Apalagi jika tempat Anda sekarang berada jauh sekali dari fasilitas ini. Tentu akan sangat merepotkan untuk membayar iuran BPJS Anda. Namun apabila membayar BPJS secara online, Anda bisa melakukannya dimana saja bahkan langsung di tempat Anda berada sekarang.  

  1. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Karena bisa dilakukan dimana saja, tentunya Anda bisa membayar BPJS kapan saja. Tidak perlu menyisihkan waktu yang banyak untuk mencari informasi loket atau ATM terdekat kemudian mendatanginya. Cukup membuka aplikasi, Anda bisa melakukan pembayaran saat itu juga. 

  1. Lebih Hemat

Karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Anda tidak memerlukan biaya transportasi ketika membayar iuran BPJS. Biaya administrasi yang cukup terjangkau juga menjadi alasan mengapa sebaiknya bayar BPJS secara online. 

Cek Tagihan Lebih Mudah

E:\Desra\Qelola\Qelola April\Foto\EP 11 2.jpg

Sebelum membayar tagihan, ada baiknya Anda mengecek tagihan setiap bulannya untuk memastikan angka yang tertera sesuai. Cara mengecek tagihan secara online dapat dilakukan dengan langkah berikut. 

A. Via Website 

Berikut langkah-langkah mengecek tagihan BPJS Ketenagakerjaan via website:

  1. Buka website BPJS Ketenagakerjaan di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Klik opsi “Layanan Peserta” yang berada di kolom ke dua
  3. Pilih “Tenaga Kerja”
  4. Lalu pilih “BPJSTKU”
  5. Buat akun untuk mengecek saldo terlebih dahulu, kemudian login untuk mengetahui besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Berikut langkah-langkah mengecek tagihan BPJS Kesehatan via website:

  1. Buka website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  2. Masukkan nomor kartu, tanggal lahir, dan nomor validasi
  3. Lalu klik ‘konfirmasi’

B. Via Aplikasi Resmi BPJS

Mengecek tagihan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU

  1. Apabila belum mempunyai aplikasi ini, maka lakukan install aplikasi BPJSTKU Mobile terlebih dahulu di Playstore ataupun AppStore.
  2. Dan apabila belum punya akun BPJS Ketenagakerjaan, lakukan pendaftaran terlebih dahulu atau langsung masuk dengan akun Gmail.
  3. Dalam aplikasi BPJSTKU, pilih menu “Lihat Saldo” untuk melihat rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN

  1. Install aplikasi “Mobile JKN” terlebih dahulu
  2. Lakukan pendaftaran akun
  3. Setelah berhasil, buka aplikasi Mobile JKN dan login 
  4. Lalu pilih ‘Tagihan’ 
  5. Untuk melihat rincian tagihan, pilih ‘Premi’. 

C. Via SMS

Mengecek tagihan BPJS Ketenagakerjaan via SMS

  1. Sebelum mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, terlebih dahulu daftarkan diri Anda agar dapat menggunakan layanan SMS. Format SMS untuk pendaftaran yakni DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (jika ada) kirim ke 2725
  2. Apabila Anda sudah terdaftar, Anda bisa langsung mengirimkan pesan dengan format: SALDO<spasi>Nomor Peserta lalu kirim ke 2757.

Mengecek tagihan BPJS Kesehatan via SMS dapat dilakukan dengan format: 

  1. NIK<spasi>Nomor Kependudukan 
  2. NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Lalu kirimkan SMS ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.

Cara Bayar BPJS Online

E:\Desra\Qelola\Qelola April\Foto\EP 11 3.png

Ada banyak pilihan pembayaran tagihan BPJS secara online yang dapat Anda pilih. Di antaranya sebagai berikut. 

  1. Via m-Banking

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan m-banking. Anda cukup datang ke bank sekali saja untuk mengajukan permohonan pembuatan m-banking. Setelah itu Anda cukup menginstall aplikasi m-banking di ponsel pintar yang dimiliki dan lakukan pendaftaran akun. Setelah mempunyai akun, aplikasi siap untuk digunakan. Buka aplikasi, pilih menu pembayaran, pilih jenis BPJS yang akan dibayarkan, masukkan kode bank yang diikuti dengan kode billing, lalu klik “Benar/Selesai”. 

  1. Via e-Payment BPJS

Untuk mempermudah pembayaran, BPJS pun telah mempunyai layanan pembayaran sendiri. Sistem pembayaran baru yang diperkenalkan oleh BPJS adalah Electronic Payment System atau EPS. Sistem EPS ini menggantikan sistem Virtual Account (VA) yang dahulu digunakan perusahaan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS. Sama halnya dengan pembayaran via m-banking, para peserta pun perlu meng-install aplikasi layanan pembayaran BPJS di smartphone masing-masingLakukan daftar akun terlebih dahulu, setelah itu para peserta BPJS akan diminta untuk membuat kode iuran. Kedua proses ini cukup mudah. Para peserta hanya perlu memasukkan e-mail dan mengisi data di form yang telah disediakan. Apabila kedua proses tersebut telah diselesaikan, para peserta pun siap untuk melakukan pembayaran.

  1. Via Autodebit

Selain aplikasi yang melayani pengecekan dan pembayaran iuran secara online, BPJS juga mempunyai terobosan baru dengan sistem pembayaran autodebit bank dan non-bank. Untuk mendaftarkan para peserta tidak perlu pergi ke kantor cabang BPJS maupun bank. Bahkan peserta BPJS yang tidak mempunyai rekening bank atau tidak terjangkau layanan perbankan pun bisa mendaftar dan menggunakan layanan  ini. Cukup mendaftar dengan aplikasi mobile JKN.  Konsep pembayaran ini dikembangkan dengan model pengisian saldo rekening atau e-money yang dapat dilakukan melalui ATM atau jaringan e-money lainnya seperti Alfamart, Indomaret, dan lain sebagainya.

  1. Via Aplikasi

Aplikasi e-commerce seperti Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya juga memberi layanan bayar BPJS secara online. 

  1. Via e-Wallet

E-wallet merupakan dompet digital dengan berbagai fitur untuk memudahkan para TKI dalam melakukan pembayaran.  Para peserta yang melakukan pembayaran melalui e-wallet hanya butuh untuk melakukan top-up ke dalam akun e-wallet yang digunakan. Dan uang digital ini nantinya bisa langsung digunakan untuk membayar tagihan BPJS dan tagihan lainnya, belanja, atau melakukan berbagai transaksi lain. Untuk membayar tagihan melalui e-wallet Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Tidak hanya pembayaran tagihan, Qelola juga akan mempunyai fitur transfer uang internasional. Jadi untuk Anda yang sedang bekerja di luar negeri dan berkewajiban untuk mengirim sebagian gaji Anda serta membayar tagihan di Indonesia, Qelola merupakan aplikasi yang paling tepat. Download segera di sini dan nikmati berbagai kelebihannya!