Ini Cara Termudah Bayar PDAM Online untuk TKI

Diawali dengan kegiatan jual beli jarak jauh yang mengharuskan kita mempunyai sistem pembayaran yang lebih canggih. Kegiatan yang akhirnya memunculkan pembayaran secara online. Seiring dengan perkembangan zaman, bukan hanya untuk jual beli barang saja yang membutuhkan pembayaran online. Berbagai macam kegiatan termasuk pembayaran tagihan juga sudah mengadopsi sistem pembayaran modern ini. Salah satunya yang bisa kita nikmati adalah bayar PDAM online. Jika dahulu dilakukan melalui loket ataupun konter-konter, kini semakin mudah dengan sistem bayar PDAM online. Ada berbagai fasilitas bayar PDAM online yang bisa dimanfaatkan. Namun Anda bisa memilih yang paling mudah di antaranya yang akan di jelaskan di artikel ini. Tetapi sebelumnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu sistem pembayaran online serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Bayar BPJS Online

Pembayaran Online

Pembayaran online merupakan sistem pembayaran yang berbasis server atau menggunakan internet sebagai perantaranya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem ini dibuat untuk membantu memudahkan pembayaran berbagai transaksi yang dilakukan secara jarak jauh. Selain memudahkan, pembayaran online juga diciptakan agar transaksi semakin nyaman. Tidak perlu lagi menyisihkan waktu yang banyak untuk pergi dan mengantri di loket, konter, ATM atau tempat pembayaran offline lainnya. Karena dimanapun Anda berada saat ini, Anda tetap bisa melakukan pembayaran terhadap transaksi yang dilakukan.

Kini banyak perusahaan start-up yang menyediakan fasilitas pembayaran online dengan jaminan keamanan. Mereka yang akan berusaha untuk menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memberikan fasilitas pembayaran yang aman, cepat dan praktis.

Kelebihan Pembayaran Online

Ada beberapa kelebihan dari pembayaran online yang bisa Anda dapatkan, yang antara lain:

  • Mudah dan cepat karena pembayaran bisa langsung dilakukan saat tagihan keluar.
  • Anda akan merasa nyaman karena tidak perlu mengantri lama.
  • Menyediakan daftar transaksi yang pernah dilakukan sehingga lebih transparan dan Anda pun dapat mengendalikan pembayaran serta belanja.
  • Jauh lebih aman dibandingkan dengan transaksi tunai.
  • Anda lebih tidak mungkin melupakan dompet virtual dibandingkan dompet biasa karena sudah bersatu dengan smartphone yang digunakan sehari-hari.
  • Untuk penjual, dapat menerima kustomer dari berbagai daerah hingga negara karena sistem pembayaran yang lebih luas.

Kekurangan Pembayaran Online

Selain kelebihan, setiap sistem tentu saja mempunyai kekurangan. Namun kekurangan pembayaran online ini lebih sedikit dibandingkan kelebihan yang dimilikinya. Kekurangan tersebut antara lain:

  • Membutuhkan koneksi internet. Jika terputus, maka Anda tidak bisa mengakses akun pembayaran online Anda.
  • Ada jumlah maksimal transaksi perharinya.
  • Kedua belah pihak tidak saling bertatap muka sehingga meningkatkan risiko penipuan.
  • Risiko terkena hack.

Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Online

Ada banyak cara yang dapat ditempuh ketika membayar PDAM online. Memilih pembayaran online berarti Anda ingin mempermudah prosesnya, bukan? Oleh karena itu agar tidak tanggung-tanggung, maka pilihlah yang memang sangat memudahkan. Dan sebagai solusinya Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola. Apalagi untuk Anda yang sedang bekerja di negara lain, terkhusus Malaysia, dan ingin membayar tagihan di Indonesia. Anda telah menemukan aplikasi yang paling sesuai. Karena selain dapat membayar tagihan, dengan satu aplikasi Anda juga dapat mengirim uang untuk keluarga tercinta di tanah air.  

Untuk melakukan pembayaran PDAM Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Download dahulu aplikasi Qelola di smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi tadi, klik ‘Lanjutkan’ lalu klik ‘Mulai’.
  3.  Selanjutnya lakukan pendaftaran akun dengan klik ‘Daftar’ di bagian paling bawah. Daftar dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, nomor ponsel, alamat e-mailpassword, dan konfirmasi password.
  4. Lakukan isi ulang saldo terlebih dahulu. Anda bisa mengisi saldo melalui transfer bank atau agen-agen Qelola yang ada di sekitar Anda. Anda juga dapat meminta agen Qelola datang langsung ke tempat Anda untuk melakukan pengisian saldo.
  5. Setelah saldo terisi, Anda sudah dapat membayar tagihan PDAM.
  6. Pilih menu ‘Air’ di halaman depan untuk bayar tagihan PDAM.
  7. Selanjutnya masukkan nomor pelanggan, lalu ikuti langkah selanjutnya dan lakukan pembayaran.
  8. Setelah seluruh proses selesai, tagihan Anda dipastikan sudah terbayar.

Qelola sendiri berfokus pada pelayanan pengiriman uang untuk memudahkan TKI yang berada di Malaysia untuk mengirimkan dan mengurus berbagai kebutuhan keluarga yang ada di Indonesia. Selain tagihan PDAM, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan seperti listrik, BPJS, membeli pulsa dan lain sebagainya dengan satu aplikasi. Dengan begini Anda tidak lagi khawatir dengan tagihan dan kiriman uang kepada keluarga. Semua akan terbayarkan dengan mudah dan cepat menggunakan Qelola. Ingin segera menikmati layanannya? Anda bisa langsung download aplikasinya di sini.