paket internasional

Info Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri dengan Aman Hanya Disini

Kirim barang ke luar negeri sekarang sangat mudah dan bisa sampai ke negara tujuan dengan cepat. Ada banyak jasa pengiriman baik via udara atau laut yang bisa Anda pilih dengan biaya yang sudah ditentukan sesuai dengan berat paket yang dikirimkan. Namun jika ingin mendapatkan pelayanan yang memuaskan pakailah kargo internasional via udara. Bagi Anda yang masih bingung tentang bagaimana cara mengirim barang ke luar negeri, artikel berikut semoga bisa membantu.

Peran Bea Cukai dalam Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Saat ingin mengirim barang ke luar negeri pasti ada aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi. Regulasi tersebut biasanya berkaitan dengan jenis barang yang bisa dikirim, jumlah yang dikirim, atau batas maksimal nilai suatu barang yang akan dikirimkan. Jika barang yang Anda kirim nilainya terlampau besar, maka bersiaplah untuk membayar pajak yang nominalnya tidak kecil. Di Indonesia sendiri ada beberapa barang yang dilarang untuk masuk seperti minuman beralkohol, bahan kimia, barang berbahaya makanan dengan kandungan tertentu, dan lain-lainnya.

Selain pemahaman tentang peraturan terkait barang yang bisa dikirim, Anda juga harus berhati-hati akan banyaknya modus penipuan yang mengatasnamakan bea cukai. Banyak oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang secara sengaja ingin menipu Anda dengan meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening pribadi. Jika hal tersebut tidak Anda lakukan maka penipu akan mengancam memusnahkan paket kiriman luar negeri Anda. 

Oleh karena itu, Bea Cukai sekarang hanya mempercayakan pengiriman barang atau kargo internasional ini ke agen maskapai internasional yang menyediakan dan menjual Airway Bill. beberapa agen yang dimaksud adalah :

  • Agen SMU Eva Air
  • Agen SMU Malaysian Air
  • Agen SMU KLM
  • Agen SMU Singapore Airlines

Baca Juga : Ingin Kirim Paket ke Luar Negeri? Simak Poin Pentingnya Dulu!

Bagaimana Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri yang Aman?

Young man working at a warehouse with boxes

Cara mengirim barang ke luar negeri yang aman adalah melalui agen SMU. Untuk alurnya sendiri barang harus diantar ke kargo terlebih dulu agar biaya pick-up dapat diminimalisir. Namun bagi yang menghendaki agar paket dijemput maka akan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Cara pengirimannya pun sebenarnya hampir sama dengan pengiriman domestik, hanya ongkos kirimnya saja yang berbeda. Berikut adalah perkiraan biaya pengiriman paket ke luar negeri :

  • Biaya Administrasi Surat Muatan Udara (SMU) : Rp.5.000/SMU
  • Biaya VOID Surat Muatan Udara : Rp.50.000/SMU
  • Biaya Packing
  • Biaya Surcharge dengan rincian sebagai berikut :
  1. 75-150 kg/ colly surcharge sebesar 100%+biaya forklift Rp.100.000
  2. 150-200 kg/ colly surcharge sebesar 200%+biaya forklift Rp.200.000
  3. 200 kg keatas/ colly surcharge nego+biaya forklift Rp.300.000
  • Pengisian Pemberitahuan Tentang Isi (PTI) dan Surat Muatan Udara (SMU) diisi dengan jelas dan lengkap. Harga masih bisa di nego untuk ekspedisi yang sama dan jumlahnya banyak.

Petunjuk Tracking Barang Pengiriman ke Luar Negeri

Warehouse worker hand holding clipboard inspecting load the shipment control with a trucks, freight industry logistics transport

Selain mengetahui bagaimana cara mengirim barang ke luar negeri, Anda juga harus tahu cara melacak paket Anda selama berada di perjalanan. Untuk mengetahui status paket internasional Anda bisa dicek langsung ke website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. Saat membuka halaman situs tersebut, Anda bisa mengecek status pengiriman dengan mengisi kotak form berwarna jingga di sebelah kanan. Pastikan mengetahui nomor airwaybill/ nomor resi paket internasional Anda paket yang dimaksud bisa terlacak. Tambahan informasi, pengecekan tersebut hanya berlaku untuk pengiriman paket via jasa pengiriman Redbox Air Asia, DHL, Fedex, dan TNT. 

Bagi pengirim, Anda bisa melakukan pengecekan status pada paket yang Anda kirimkan dengan konfirmasi langsung ke bagian marketing atau kurir barang ekspedisi. Jadi ada baiknya Anda meminta nomor kontak dan nama pihak ekspedisi yang bersangkutan. Bisa juga menanyakan status paket internasional yang Anda kirim dengan datang langsung ke kantor pusat atau kargo yang digunakan. 

Informasi tentang cara mengirim barang ke luar negeri di atas semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda yang ingin mengirim barang ke luar negeri. Selain itu Anda juga jadi tahu bagaimana cara melacak paket internasional Anda secara online. Di era digital seperti sekarang segalanya memang bisa dilakukan secara online termasuk transfer uang ke mancanegara. Salah satu cara untuk mengirim uang ke luar negeri secara online adalah dengan mengunduh aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur menarik yang aman dan terpercaya. Salah satu layanannya adalah transfer uang hingga ke mancanegara. Selain itu aplikasi Qelola juga cocok digunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi ini akan membuat Anda tertib dan tepat waktu dalam membayar karena bisa dilakukan langsung dari ponsel. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola dengan mengunjungi website resminya disini.