Cara Bekerja di Luar Negeri Tanpa Pengalaman

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, bekerja di luar negeri kini bisa menjadi jalan pintas untuk mengubah nasib. Upah pekerja yang cukup tinggi di negara-negara tujuan serta fasilitas lengkap yang disediakan menjadi alasan mengapa orang-orang akhirnya berbondong-bondong melakukannya. Banyak yang sudah mencoba namun masih banyak juga yang ragu-ragu karena merasa tidak mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Bagi Anda yang ingin mengubah nasib dengan bekerja di luar negeri sebagai TKI tidak perlu berkecil hati. Karena masih ada cara bekerja di luar negeri yang bisa Anda tempuh walaupun tanpa pengalaman. Beberapa cara bekerja di luar negeri tersebut cukup simpel sehingga bisa menjadi peluang mencari kerja yang terbuka lebar. Cara bekerja di luar negeri tanpa pengalaman yang bisa Anda lakukan antara lain.

Baca Juga: Yuk Ikuti Cara Jadi TKI Resmi Berikut Ini

Mempunyai Niat Bekerja

Menjadi seorang TKI biasanya tidak dituntut untuk mempunyai kemampuan yang terlalu tinggi serta pengalaman yang panjang. Dengan niat kuat yang Anda miliki, biasanya Anda sudah bisa mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang. Karena dengan niat yang kuat untuk bekerja orang-orang biasanya lebih termotivasi dan mampu mengerjakan beban pekerjaan seperti apapun. Selain itu, orang yang mempunyai niat bekerja juga tidak akan mudah menyerah ketika ternyata pekerjaan ataupun gaji yang dibayangkan tidak sesuai dengan kenyataan. Sehingga Anda akan kuat bertahan dan tetap ulet. Orang yang ulet dan tidak mudah menyerah mempunyai nilai positif tersendiri bagi perekrut maupun atasan nantinya.

Rajin Mencari Informasi

Siapapun tidak akan mungkin mendapatkan pekerjaan jika hanya berdiam diri dan menunggu. Di zaman serba modern seperti saat ini, ada berbagai cara untuk mendapatkan informasi dan melamar pekerjaan. Anda tinggal memanfaatkan ponsel pintar dan jaringan internet. Tersedia banyak website dan akun media sosial yang menyediakan info pekerjaan luar negeri yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Sangat mudah bukan? Jadi tidak ada alasan tidak dapat pekerjaan karena kekurangan informasi.

Mampu Beradaptasi dengan Cepat

Jika Anda tidak mempunyai pengalaman bekerja, selain niat, setidaknya Anda juga mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat. Karena ketika berada di negara orang Anda akan menemukan banyak hal yang berbeda, mulai dari bahasa, kebiasaan, gaya hidup dan lain sebagainya. Carilah informasi mengenai ini untuk mendapatkan gambaran ketika nanti berada di sana. Meskipun ketika training diberi tahu, Anda tetap harus mengetahuinya agar tidak terkejut atau berubah pikiran.

Tuliskan Semua Keterampilan Anda

Ketika perekrut ingin mengetahui pengalaman, hal tersebut bertujuan untuk melihat keterampilan Anda ketika menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, jika belum mempunyai pengalaman bekerja, maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja keterampilan yang dimiliki. Coba pikirkan kembali apa saja keterampilan yang dimiliki dan tuliskan secara lengkap di CV Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa keterampilan yang dituliskan harus sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Bisa dalam bentuk keterampilan berkomunikasi, memperbaiki barang elektronik, menggunakan perangkat komputer dan internet, mengerjakan pekerjaan rumah tangga serta keterampilan teknis lainnya.  

Tidak Gengsi Memilih Pekerjaan Yang Sesuai

Anda tidak akan selalu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan ketika pertama kali melamar. Oleh karena itu, Anda harus terbuka dengan pekerjaan apapun. Pengalaman pekerjaan pertama ini bisa Anda gunakan untuk melamar di tempat kerja yang lebih baik nantinya. Ada beberapa pekerjaan di luar negeri yang cocok untuk Anda yang belum mempunyai pengalaman. Biasanya pekerjaan ini berhubungan dengan hal-hal teknis dan sederhana seperti teknisi di pabrik, tukang masak di restoran, asisten rumah tangga, pengasuh anak, pengurus lansia, supir, pekerja di lahan pertanian, bengkel, perusahaan konstruksi bangunan, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Koneksi Anda

Buatlah jaringan dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang Anda incar. Anda bisa mencari dari kerabat dekat, teman sepermainan, atau menjalin pertemanan melalui media sosial. Kini banyak grup-grup online baik di Facebook, Whatsapp, Line atau media sosial lain yang berisi orang-orang dengan tujuan seperti Anda, bekerja di luar negeri. Anda bisa mencari informasi serta mendengar pengalaman dari orang-orang tersebut. Anda pun bisa saja meminta mereka untuk merekomendasikan Anda di tempat mereka bekerja.

Dengan cara di atas, bersiaplah untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri untuk mengubah nasib Anda. Namun jangan lupa, gaji besar yang Anda terima juga harus dikelola dengan baik. Karena pengelolaan gaji yang buruk bisa mengakibatkan kerugian karena uang Anda terpakai untuk hal-hal yang kurang berguna. Jika kesulitan mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Dengan aplikasi ini Anda pun bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia secara langsung dari negara Anda bekerja. Selain itu Anda pun bisa menghemat karena biaya administrasi kirim uang untuk keluarga di tanah air jauh lebih murah, dan masih dapat diskon 30% lagi. Download aplikasinya di sini dan ketahui cara pemakaiannya di sini.